Iran: Sampai Kiamat Hagia Sophia Tetap Akan Jadi Masjid

Penadunia-Newnormal. Salah satu pejabat senior Iran memuji keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengubah museum Hagia Sophia kembali menjadi masjid setelah sembilan dekade.

“Kami memberi selamat kepada orang-orang Turki atas keberhasilan Islam yang penting ini,” kata Ali Akbar Velayati, penasihat Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei dalam urusan internasional kepada televisi pemerintah Iran, Minggu (2/8).

“Hagia Sophia adalah salah satu masjid terpenting di Turki dan sejarahnya kembali pada tahun 857 H. Rakyat Turki berhutang pada presoden mereka, Erdogan, atas langkahnya ini, lanjutnya.

Hagia Sophia dibangun pada abad ke-6 M sebagai katedral, selama Kekaisaran Bizantium, tetapi dikonversi menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman di Istanbul pada tahun 1453.

Pada tahun 1934, kabinet Turki menyatakannya sebagai museum.

Pada 10 Juli, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Hagia Sophia akan diserahkan kepada direktorat urusan agama negara itu dan dibuka kembali untuk beribadah Muslim, tak lama setelah pengadilan tinggi Turki mencabut status situs Warisan Dunia UNESCO sebagai museum.