Ini Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Daun Kari biasa digunakan sebagai bumbu masakan di hampir setiap hidangan. Namun, alih-alih memakan daun yang rasanya agak Pahit ini, justru banyak yang membuangnya begitu saja. 

Padahal, Daun Kari atau dikenal juga dengan Salam Koja dikemas dengan banyak nutrisi yang memberikan berbagai Manfaat.

Berikut berbagai Manfaat‘ class=’related-tag’>Manfaat Daun Kari, seperti dilansir dari The Health Site Online.

Mencegah Anemia

Salam Koja atau Daun Kari adalah sumber zat besi dan asam folat. Yang menarik, anemia tidak hanya tentang kekurangan zat besi dalam tubuh tetapi juga tentang ketidakmampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan menggunakannya.

Di sinilah asam folat berperan. Asam folat dapat bertanggung jawab untuk penyerapan zat besi dan karena Daun Kari adalah sumber yang kaya dari kedua senyawa tersebut, maka ini adalah obat alami yang tepat untuk melawan anemia. 

Melindungi Organ Hati dari Kerusakan.

Jika Kamu gemar mengonsumsi alkohol, makan banyak ikan, atau rutin berkegiatan yang dapat merusak organ hati, maka harus makan Daun Kari. Pasalnya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di ‘AsianJournal of Pharmaceutical and Clinical Research’Daun Kari melindungi hati dari stres oksidatif dan racun berbahaya yang menumpuk di tubuhmu karena kehadiran kaempferol, antioksidan kuat. Selain itu, dengan dukungan dari vitamin A dan C yang tidak hanya melindungi hati, tetapi juga akan merangsang organ untuk bekerja lebih efisien.

Menjaga Kadar Gula Darah.

ebuah studi yang diterbitkan dalam ‘Journal of Plant food for Nutrition’menemukan bahwa Daun Kari menurunkan kadar gula darahmu dengan memengaruhi aktivitas insulin. Di samping itu, kehadiran serat di Daun Kari memainkan peran penting dalam mengendalikan kadar gula darah. 

Daun Kari dikenal juga dapat memperbaiki pencernaan dan menyerap lemak dengan baik, sehingga akan membantu Kamu dalam menurunkan berat badan. Ini tentu sangat penting, khususnya bagi orang yang mengalami obesitas dan menderita diabetes.

Melindungi dari Penyakit Jantung

Tahukah Kamu bahwa Daun Kari memiliki khasiat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah seseorang? Nah, sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam ‘Journal of Chinese Medicine’Daun Kari ternyata dapat mencegah oksidasi kolesterol karena dikemas dengan antioksidan. Hal ini juga akan meningkatkan jumlah kolesterol baik dan melindungi Kamu dari penyakit jantung dan aterosklerosis.