Hindari Kesombongan

Penaindonesia.co.id-Lawancorona-Bismillah. Sahabat Rasul Muhammad SAW, Umar bin Khattab adalah seorang pemimpin yang rendah hati. Meskipun, dia adalah seorang pemimpin yang sangat tegas menegakkan aturan.

Soal kerendahan hati Umar Bin Khotab ini, dikisahkan, Umar memikul tempat air di pundaknya sendiri. Sahabat-sahabatnya bertanya, “Mengapa tuan memikul ini sendiri?”

Dia menjawab, “Saya merasa bahwa diriku telah merasa sombong, lalu saya memikul air ini untuk menundukkannya.”

Umar sangat tidak menyukai kesombongan. Dikisahkan, pada suatu saat Umar bin Khattab bertemu dengan dua orang laki-laki yang saling menyombongkan diri. Umar berkata kepada mereka, “Kalau saja kalian adalah orang yang bertakwa maka harus benar-benar bertakwa. Seandainya ada utang di antara kalian, hitunglah! Jika kalian berakal, mestinya menjaga harga diri. Apabila kalian punya harta dan biasa mendermakannya, niscaya kalian mendapat kemuliaan. Kalau tidak ada di antara semua itu, kalian lebih parah daripada dua ekor keledai. Kalau saya masih melihat kalian saling menyombongkan diri seperti ini, saya akan melagakan kepala kalian berdua.”