Harta Penuh Berkah

PenaIndonesia.co,id-Lawancorona, Bismillahirrahmannirrahiim. Harta yang berkah adalah harta yang disenangi Allah. Tidak harus banyak. Sedikit tapi berkah lebih baik, daripada yang banyak tetapi tidak berkah.

Untuk mendapatkan keberkahan, harta harus diperoleh secara halal. Karena Allah tidak mungkin memberkahi harta yang haram.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis,

” Sesungguhnya Allah Maha baik, dan tidak menerima kecuali yang baik…” (HR. Bukhari Muslim).

Harta yang haram juga menyebabkan doa seseorang ditolak, sedekahnya pun ditolak. Ibn Hibban terkait dengan hal ini meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: ” Orang yang mendapatkan hartanya dengan cara haram, lalu ia bersedekah dengannya, ia tidak akan mendapat pahala dan dosanya tetap harus ia tanggung.”

Imam Adz Dzahaby menambahkan dalam riwayat lain: ” Bahwa harta tersebut kelak akan dikumpulkan lalu dilemparkan ke dalam neraka Jahannam.” Maka tidak ada jalan lain untuk meraih keberkahan kecuali hanya dengan merebut harta halal sekalipun sedikit dan nampak tidak berarti.

Lantas, yang menjadi pertanyaan, seperti apa ciri-ciri harta yang diberkahi? Ada beberapa ciri yang menunjukkan keberkahan harta, yakni sebagai berikut: