Gubernur Khofifah Minta Pengusaha di Jatim Dukung Pelaksanaan Kartu Pra Kerja

Pena Indonesia.co.id – Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa timur meminta kepada pengusaha di Jatim yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk dapat mensukseskan dan mendukung pelaksanaan pembagian kartu pra kerja bagi pekerja di Jatim.

Di lansit dari KOMINFO JATIM, aat ini, Pemprov Jatim tengah menyiapkan kartu pra kerja tersebut yang akan didaftarkan untuk mendapatkan kartu prakerja dari Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat bertemu Para pengusaha Jatim di gedung negara Grahadi, Selasa (18/2) malam.

“Kemarin saya sudah melakukan koordinasi dengan OPD Pemprov Jatim untuk kartu pra kerja ini, dan alhamdulillah disnakertrans juga memiliki data by name by address buat data tenaga kerja di Jatim, begitu juga dinas pendidikan Jatim juga mempunyai data lulusan SMA/SMK yang siap kerja di perusahaan,” ujarnya.

Baca Juga:  Polda Jatim Sita Tiga Mobil Mewah

Lebih lanjut, dikatakannya Gubernur Khofifah saat ini telah mengkaji strategi Apakah nantinya akan menggunakan sistem train-place atau place-train. Tepatnya apakah nantinya peserta akan dilatih dulu baru ditempatkan di tempat kerja atau dimagangkan dulu sebelum dilatih.

“Dua ini masih dikaji mana yang lebih efektif untuk masing masing bidang.Baik untuk yang bidang IT maupun yang bidang kerja manual. Strategi itu yang kami siapkan jadi kami minta ke pengusaha untuk membantu para lulusan SMA/SMK untuk magang kerja di perusahaannya, “ujarnya.

Ia menambahkan, Pemprov Jatim kini sudah melakukan pemetaan termasuk pembagian koordinasi. Tepatnya menugaskan Dinas Ketenagakerjaan Jawa Timur untuk mengkoordinasikan siapa saja yang akan mendapatkan kartu prakerja untuk bidang kerja manual yang ada di bawah Kemenaker.

Baca Juga:  Ribuan Ulat Pohon Serang Rumah Warga Karah Agung

Sedangkan, Dinas Pendidikan diberi tugas untuk menyeleksi dan mendapatkan data siapa siapa saja yang akan menjadi penerima kartu prakerja khusus bidang digital IT yang ada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian.  

Perwakilan Pengusaha, Arief Harsono mengatakan, para pengusaha siap mendukung dan membantu pelaksanaan peluncuruan kartu pra kerja di Jatim. Dimana Kartu pra kerja ini dicanangkan oleh Presiden Jokowi RI. “Saat ini perusahaan di Jatim juga sudah melakukan kerjasama dengan SMA/SMK di Jatim terkait magang kerja,”ujar Arif dari Perusahaan PT Samator ini.