Doa Hari Jumat Penuh Berkah

Pena Indonesia.co.id – بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (Bismillahirrahmanirrahim) Lawan CORONA. Doa menjadi jembatan kita untuk memberi ketenangan hati dan selalu terhubung dengan Allah SWT.

Sang Khalik telah memberikan waktu-waktu tertentu yang menjadi mustajab atau bisa lebih mudah dikabulkan agar manusia memanfaatkan masa-masa itu.

Salah satunya, di hari JumatJumat memang menjadi hari yang sangat diberkahi di tiap minggunya.

Rasulullah SAW pernah menyatakan keutamaan berdoa pada hari Jumat yang dikabarkan Abu Hurairah.

Sabda Rasulullah SAW: “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat, lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852)

Dari sini, Rasulullah SAW tak memberi arahan lafal doa yang perlu dipanjatkan tiap Hari Jumat.

Untuk waktu mana yang lebih baik untuk dipanjatkan doa, terdapat beberapa hadits, namun banyak ulama yang menyatakan hadits-hadits tersebut penuh illah atau kecacatan.

“Setiap riwayat yang menyebutkan penentuan waktu mustajab di hari Jum’at secara marfu’ (sampai Nabi SAW) memiliki wahm (kekeliruan). Wallahu alam,” kata Ibnu Hajar.

Jadi, banyak ulama yang akhirnya menyimpulkan bahwa keseluruhan Hari Jumat menjadi hari yang perlu diperbanyak doa.

“Sudah sepantasnya seorang muslim berusaha untuk memperbanyak do’a di hari Jum’at di waktu-waktu yang ada secara umum,” ucap Syekh Musthofa Al ‘Adawi. (P)