Dikukuhkan Kapolda Jatim, Perubahan Tipe Polres Jadi Polresta Banyuwangi

Pena Indonesia.co.id – Perubahan tipe dialami Polres Banyuwangi menjadi Polresta (Kepolisian Resort Kota) Banyuwangi resmi dikukuhkan langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan.

Disaat pimpin prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Kapolresta Banyuwangi, Kapolda Jatim mengungkapkan bertambahnya berat tugas yang diemban, mengingat tipe meningkat menjadi Polresta.

Irjen Luki Hermawan di Mapolres Banyuwangi, Senin (25/11), kepada media mengatakan. “Selain tipe, destinasi wisata luar biasa disini, bukan hanya turis domestik tapi juga mancanegara. Ini menjadi prioritas pengamanan karena ekonomi yang pesat dan kunjungan wisata yang meningkat bakal disertai angka kejahatan yang naik,” katanya.

Baca Juga:  Dittahti Polda Jatim Raih Penghargaan Promoter Reward dari Lemkapi

Diketahui, disana Kapolda Jatim juga sekaligus pimpin sertijab Kapolresta Banyuwangi yang sebelumnya dijabat AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi SIK, kini resmi digantikan oleh AKBP Arman Asmara Syarifudin SIK.

“Saya mengucapkan selamat kepada Polresta Banyuwangi atas penghargaan dari Menpan RB terkait pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Luki.

Luki menjelaskan Arman Asmara yang kini masih berpangkat AKBP bakal menyandang Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). Kenaikan pangkat tersebut akan turun pada tahun 2020 mendatang.

“Kapolresnya ganti, yang tadinya eselonnya AKBP atau 2B tiga, sekarang menjadi 2B dua yaitu menjadi kombes,” tambah Kapolda Jatim, usai menekan Sirine sebagai tanda pengukuhan Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi.

Baca Juga:  10 Satker Polda Jatim Canangkan WBK dan WBBM, Wakapolda Beri Apresiasi

Bukan hanya itu, sertijab Kapolresta Banyuwangi ini terbilang istimewa. Selain itu, di Jawa Timur yang polresnya mengalami kenaikan tipe hanya dua. Yakni Polres Banyuwangi dan Polres Malang Kota. Sehingga Kapolda Jatim rela menggelar prosesi serah terima jabatan di dua tempat sekaligus dengan jangka waktu berdekatan.

“Semoga pejabat baru ini tetap bersinergi dengan warga dan pemerintah lebih baik lagi,” pungkasnya. (ay)