Dapat Restu BOPI, Liga 1 Siap di Gelar

Pena Sport – Akhirnya kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 siap digelar, setelah Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya secara resmi mengeluarkan rekomendasi kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dilakukan di Kantor Kemenpora pada Jumat (21/2/2020).

Cucu Sumantri, Direktur Utama PT LIB mengatakan,“Ini momentum yang sangat baik buat buat kami PT LIB dan PSSI atas rekomendasi Liga 1 2020. Saya memandang sinergi dan kerja sama antara LIB serta BOPI penting. BOPI membantu kami dengan verifikasi hukum negara kepada pekerja asing di sini. Selain itu, kehadiran BOPI juga untuk melindungi hak dan kewajiban pemain,” ujar Cucu.

Sementara Richard Sam Bera, Ketua BOPI menjelaskan penerbitan rekomendasi itu berarti urusan persyaratan yang harus dipenuhi klub Liga 1 sudah tuntas.

“Keluarnya rekomendasi ini berdasarkan verifikasi kami kepada klub Liga 1. Poin-poin yang diverifikasi meliputi badan hukum, perpajakan, kontrak pemain, Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas) buat pemain dan pelatih asing. Terus kami juga mengecek izin mereka sesuai hukum negara. Intinya, wewenang kami bergerak sesuai peraturan dan perundang-undangan Indonesia,” tutur Richard.

Dalam pertemuan tersebut, BOPI berpesan kepada PT LIB agar pengelolaan kompetisi harus lebih baik dan profesional dari tahun sebelumnya. Dari segi bisnis, BOPI berharap operator bisa lebih mendapat banyak keuntungan.