Cuaca Buruk, Presiden Jokowi Batal Kunjungi Korban Longsor Bogor

Pena Indonesia.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan mengunjungi korban longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Minggu (5/1). Namun, Jokowi terpaksa membatalkan agendanya karena helikopter yang ditumpanginya batal mendarat di Sukajaya.

Dilansir dari kantor berita Antara, helikopter yang membawa Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto harus balik kanan karena cuaca buruk.”Setengah jam kemudian balik ke Ats (Atang Sanjaya) setelah take off sekitar jam 08.30 WIB. Tapi tidak tahu lanjut ke mana setelah dari sini,” ujar Komandan Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja (Ats), Letkol Pnb Risdiyanto kepada Antara di Bogor, Minggu (5/1).

Baca Juga:  Cuaca Buruk, Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Sementara Ditutup

Risdiyanto menjelaskan, ada 3 unit helikopter yang dijadwalkan mendarat di Sukajaya dari Lanud Atang Sanjaya. Pertama, rombongan Presiden Jokowi, kedua helikopter yang ditumpangi Bupati Bogor Ade Yasin.

Helikopter terakhir membawa batuan logistik bagi korban longsor di Sukajaya. Meski helikopter rombongan Jokowi balik kanan, dua helikopter lainnya tetap bisa mendarat. Menurut Risdiyanto, cukup berisiko jika helikopter rombongan presiden dipaksakan menembus cuaca ekstrem.

“Di sana memang cuacanya parah. Waktu hari Jumat kemarin juga saya kesulitan masuk untuk antar logistik, tapi dipaksakan akhirnya bisa masuk,” pungkas Risdiyanto.