Cegah Covid-19, Warga RW 06 Perumahan Rewwin Gelar Chek Point Mandiri

Pena Indonesia.co.id – Lawan Corona. Untuk memutus pandemi Covid 19 Corona, Warga RW 6 Perumahan Rewwin Waru Sidoarjo sepakat membentuk Chekpoint Mandiri Covid-19. Hal tersebut dengan pertimbangan mewabahnya virus corona yang semakin masif penyebarannya di Jawa timur, khususnya di 3 wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yakni Surabaya Raya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik.

Sekretaris Rukun Warga (RW) 06 Perum Rewwin Waru Sidoarjo, Eko Budi mengatakan, pembentukan pos chekpoint mandiri merupakan hasil kesepakatan seluruh elemen masyarakat perumahan RW 06 Rewwin, dimana sebagai bentuk percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan warga perumahan, sehingga akses masuk perumahan diperketat dan diberlakukan protokol kesehatan .

Baca Juga:  Cegah COVID-19, Soal Lockdown, Presiden Jokowi Ingatkan Pemda Jangan Seenaknya Sendiri Ambil Keputusan

“Kita semua bersepakat membentuk pos chekpoint mandiri, maka dalam realisasi pencegahan kita buat pos pemeriksaan di pintu masuk perumahan,” kata Eko, Senin (4/5).

Ia juga menegaskan setiap warga perumahan maupun selain warga perumahan diberlakukan wajib memakai masker dan diperiksa suhu tubuh saat memasuki posko chekpoint, dan apabila ada warga tanpa menggunakan masker akan diminta turun dari kendaraan, kemudian setelah melengkapi diri dengan masker yang disediakan baru dijinkan masuk.

Eko menambahkan, “untuk menjaga keamanan lingkungan saat ini pemulung, pengamen dan pengemis dilarang masuk wilayah perumahan dan sebagai upaya pencegahan penyebaran warga pun dianjurkan tidak keluar rumah”,ujarnya.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, BWF Tunda Semua Kejuaraan Badminton

Eko juga menjelaskan, RW 06 Perumahaan Rewwin Waru Sidoarjo membawahi 18 RT dengan jumlah warga mencapai 800 KK. Saat ini pihaknya sedang menggiatkan sosialisasi pandemi Covid-19, dimana pihak RW mewajibkan sarana cuci tangan di depan setiap rumah serta rutin mengedukasi warga mengenai protokol kesehatan hadapi Covid 19.

“Saya yakin cara-cara ini harus terus konsisten dilakukan dan peran serta warga sangat penting dalam pencegahan dan menghadapi penyebaran Covid-19 ini,” pungkasnya.