Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Penaindonesia.co.id-Lawancorona. Belanja Online yang saat ini sudah menjadi trend mark, adalah salah satu aktifitas internet yang sangat diminati. Hampir semua kalangan menggunakan fasilitas ini.  Apalagi ditengah kondisi pandemi virus corona, keharusan menjalani karantina (stay at home) dan tidak bepergian kalau tak terlalu perlu membuat kita nyaman dengan sistem  berbelanja online.

Mulai dari kebutuhan pokok, fashion, buku, bahkan liburan bisa dibeli secara online, selain praktis dan mudah, harga yg ditawarkan lebih kompetitif daripada pasar konvensional. Pembeli bisa mengunjungi banyak toko online sekaligus dan menemukan kebutuhannya dengan cepat dan efisien.

Namun seperti halnya belanja dipasar konvensional, berbelanja online bisa membuat kita menjadi kecanduan. Jika dibiarkan ini berbahaya bagi keuangan kita. Berikut beberapa cara untuk mencegah dan mengobati kecanduan belanja online.

1.Hapus aplikasi belanja

Ini adalah salah satu tindakan tegas yang harus dilakukan jika kecanduan anda sudah parah.  Jika anda mengaktifkan notifikasi dari situs belanja di smat phone, anda akan segera tahu jika ada penawaran dengan harga diskon atau promo. Ini membuat anda lebih mudah tergoda untuk berbelanja. Barang barang yang tadinya tak terpikirkan untuk dibeli menjadi sebuah kebutuhan secara tiba-tiba.Pada tahap awal anda bisa mematikan notifikasinya, jika kecanduan anda sudah parah maka  anda perlu menghapus aplikasi belanja, anda tidak akan tahu penawaran penawaran terbaru sehingga anda tak akan tergoda untuk berbelanja.

2.Berhenti mengikuti akun-akun toko online

Jika selama ini anda adalah pengguna instagram yang tak pernah ketinggalan mengupdate koleksi terbaru dari toko-toko online maka anda sebaiknya mulai berhenti mengikutinya. Unfollow satu persatu akun toko online yang selama ini kerap membuat anda tergiur untuk membeli. 

3.Hapus aplikasi mobile banking

Cara ini mempersulit diri anda sendiri dalam bertransaksi di situs belanja online. Ciptakan  kondisi dimana jika anda ingin berbelanja online maka anda harus berusaha lebih banyak, misalnya harus pergi ke atm untuk menyelesaikan pembayaran.

4. Batasi waktu penggunaan

Kemungkinan anda tidak sadar berapa lama waktu yang anda habiskan setiap hari untuk berselancar di situs belanja online. Mulailah dengan mendisiplinkan diri, mengaktifkan alarm di smart phone anda misalkan selama 10 menit atau maximal 20 menit alarm akan berbunyi yang menandakan waktu berbelanja online telah usai.

5. Hapus informasi kartu kredit

Adanya kemudahan menyimpan informasi kartu kredit pada situs situs belanja membuat anda lebih mudah memutuskan untuk bertransaksi. Dengan menghapus informasi kartu kredit yang tersimpan, proses pembelian akan menjadi lebih rumit. Anda harus memasukkan kembali informasi kartu kredit dan alamat. Proses yang lebih kompleks dan lama akan memberi anda waktu untuk mempertimbangkan pembelian.

6. Cari dan temukanlah hobi baru

Salah satu cara ampuh mengobati kecanduan belanja online adalah dengan menemukan hobi baru, anda bisa mencoba mengalihkan perhatian dan focus anda pada kegiatan lain. Cari dan temukanlah hobi baru yang memberi anda tantangan dan kebahagiaan. Misalnya berolahraga, membuat kerajinan tangan, mencoba resep-resep baru di dapur anda, berkebun atau sekedar mendengarkan musik sambil bernyanyi.

Memang tidak ada salahnya untuk berbelanja online. Malah justru sangat membantu karena mudah dan praktis, namun segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik bukan? (Diana Wulandari)