BNPB: 2020, Waspada Gempa Bumi dan Tsunami

Pena Indonesia.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ingatkan masyarakat mewaspadai jenis bencana geologi seperti gempa bumi disusul tsunami dan jenis bencana vulkanologi seperti erupsi gunung api pada kurun waktu 2020.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Agus Wibowo, merujuk dari sumber Kementerian/Lembaga dan para pakar.

“Potensi bencana yang perlu diwaspadai untuk tahun 2020 nanti adalah bencana gempa yang disusul tsunami, lalu bencana vulkanologi,” ujar Agus saat memberi paparan dalam agenda ‘Refleksi Bencana Tahun 2019 dan Proyeksi Bencana 2020’ di Jakarta, Senin (30/12).

Baca Juga:  Tahun 2020, Polri Pecat Tidak Hormat 129 Anggotanya

Data prakiraan potensi bencana Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan enam titik zona potensi aktif berdasarkan seismisitas 2019 yang meliputi Nias, Lombok-Sumba, Ambon, Banda dan Mamberamo.

Sementara Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau agar daerah yang berpotensi memiliki kerawanan tingkat tinggi tersebut agar waspada dan meningkatkan kapasitas mitigasi.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat menjadikan informasi peringatan dini ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk kesiapsiagaan,” ujarnya.

Dwikorita menambahkan, masyarakat diimbau selalu merujuk kepada informasi peringatan dini BMKG sebagai dasar perhitungan dalam mengambil keputusan.

Baca Juga:  Tahun 2020, Polri Pecat Tidak Hormat 129 Anggotanya