BMKG: Bitung Di Goncang Gempa 5,1 SR Tidak Berpotensi Tsunami

Pena Indonesia.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa gempa yang terjadi di timur Kabupaten Kota Bitung tidak berpotensi menimbulkan gelombang tinggi. BMKG mencatat adanya aktivitas gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) terjadi pada Jumat (15/11) sekitar pukul 19.52 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,75 LU dan 126,37 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 km arah timur Kota Bitung, Propinsi Sulawesi Utara. Pusat gempa, dia melanjutkan, terjadi pada kedalaman 10 km.

 Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini adalah rangkaian gempa bumi susulan dari gempa berkekuatan 7,1 SR yang terjadi di Maluku Utara pada Kamis (14/11) lalu. 

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Tondano, Tomohon, Minahasa Tenggara, Bitung, Minahasa Utara, Manado II MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

BMKG meminta masyarakat tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia menyarankan publik supaya hanya menyerap informasi resmi hanya bersumber dari BMKG.