BKKBN Jatim, Tantangan Keluarga di Era Tatanan Newnormal

Penaindonesia.co.id-newnormal.Saat ini di pandemi virus corona covid-19, keluarga dihadapkan beberapa tantangan, salah satunya tantangan memasuki era revolusi industri 4.0. Di era ini terjadi perubahan pola pikir dan pola hidup karena disruption yang mengakibatkan hilangnya banyak pekerjaan di era digital. 

Tantangan berikutnya adalah Bordeless Country, yakni perubahan kultur dan lifestyle di dunia. Tak hanya itu, keluarga juga kini dihadapkan tantangan risiko meningkatan masalah kesehatan mental, berupa stres atau bunuh diri.

Tantangan lainnya, yakni perubahan mendasar karena pandemi Covid 19. Di sini masyarakat diminta mengubah pola pikir dan cara baru untuk melakukan aktifitas sehari-hari. 

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Sukaryo Teguh Santoso, Minggu (23/8) mengatakan, untuk menghadapi empat tantangan tersebut, 8 fungsi keluarga harus diterapkan didalam keluarga.

“Perlu keluarga di edukasi terkait 8 fungsi keluarga. 8 fungsi keluarga yakni agama, sosial budaya, kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. Hal itu yang harus di edukasi ke keluarga di Jawa Timur,” ungkap Sukaryo Teguh Santoso. 

Sukaryo Teguh Santoso juga mengingatkan, agar keluarga Jawa Timur di masa pandemi Covid 19 tetap menjaga kesehatan. “Bersumber dari Badan Pusat Statistik Jawa Timur (BPS Jatim). Jumlah Penduduk di Jatim 39.698.631 jiwa, dan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) 0,64. Jumlah Kematian Bayi 3.855 atau 22,46/1000 kelahiran hidup, dan Kematian Ibu 520 atau 89,81/100.00 kelahiran hidup. Rata-rata Usia Harapan Hidup/UHH 71,18 Tahun,” pungkas Sukaryo Teguh Santoso