Bawa 2 Suspect Corona, Pemkot Tolak Kapal Pesiar Viking Sun Bersandar di Surabaya

Pena Indonesia.co.id – Pemerintah kota resmi menyatakan menolak kedatangan kapal pesiar Viking Sun di Surabaya. Rencananya, kapal berisi sekitar 1.300 orang itu dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, 6 Maret mendatang.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan dirinya memutuskan menolak kapal tersebut setelah mendapat surat dari Labuan Bajo yang menyebutkan dalam kapal tersebut terdapat dua pasien yang diduga terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau lebih dikenal dengan sebutan virus  corona.

“Hari ini saya kirim surat tidak boleh kapal itu penumpangnya turun. Karena saya di sini (Solo), tanda tangannya pakai elektronik,” ujar Risma di Solo, Rabu (4/3).

Penolakan itu dilakukan setelah Risma mendapat masukan dari para tokoh masyarakat dan RS Unair Surabaya terkait kapal pesiar berbendera Norwegia itu. Penumpang tidak diperkenankan turun jika terdapat suspect corona di kapal itu.

Risma juga menjelaskan, intens berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kedubes dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur. Langkah ini diambil untuk menghadang virus corona memasuki wilayah Surabaya melalui penumpang kapal dari luar negeri itu.