Awas Gunung Merapi Semburkan Awan Panas

Pena Indonesia – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, menyatakan gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas letusan, Senin (14/10). Awan panas letusan ini memiliki tinggi kolom mencapai kurang lebih 3000 meter dari puncak Gunung Merapi.

Hanik Humaida, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, dalam keterangan tertulisnya mengatakan awan panas letusan terjadi pada pukul 16.31 WIB.

Dia menerangkan bahwa arah angin bertiup ke arah barat daya Gunung Merapi. Hanik menerangkan bahwa sesuai rekomendasi jarak bahaya adalah 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

“Awan panas terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitudo 75 mm. Terpantau kolom setinggi max ±3.000 meter dari puncak,” ujar Hanik dalam keterangan tertulisnya.

Rekomendasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, jarak bahaya 3 km dari puncak. Di luar radius tersebut masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. (ah)