Arab Saudi Gelar Ibadah Haji, Tapi Larang Jamaah Internasional

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Arab Saudi akhirnya telah menentukan keputusannya terkait penyelenggaraan Ibadah Haji 2020. Keputusan tersebut menetapkan untuk tidak menerima jamaah haji internasional dan hanya menggelar ibadah haji untuk jamaah dalam negeri saja.

Menurut pemerintah Saudi, keputusan tersebut merupakan yang paling baik mengingat merebaknya pandemi COVID-19 di kancah internasional. Apalagi Saudi juga termasuk negara dengan jumlah kasus di atas 100.000 kasus.

Publik sebelumnya telah memprediksi pemerintah Saudi akan mengambil kebijakan seperti ini. Pasalnya, kegiatan ibadah ini menghadirkan jutaan muslim dari seluruh dunia ke dua kota suci Mekkah dan Madinah setiap tahunnya.

Dengan jumlah total 164.144 kasus Saudi juga menutup institusi-institusi publik, sekolah, masjid bahkan salat berjamaah untuk membendung penyebaran virus ini. Namun berbagai pembatasan tersebut satu persatu mulai dicabut seiring pengkondisian masyarakat untuk kembali menjalani aktivitas normalnya sehari-hari. (Bd)