Ada Kabar Buruk dari WHO Soal COVID-19

Penaindonesia.co.id-Lawancorona. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa meski situasi wabah COVID-19 di Eropa membaik, sementara situasi global justru memburuk.

Sejumlah negara di Eropa yang sempat babak belur dihajar virus corona kini sudah relatif berhasil mengendalikan wabah mematikan tersebut. Sayangnya, hal yang sama tidak terjadi di belahan lain dunia.

Menurut Tedros, lebih dari 100.000 kasus dilaporkan kepada WHO dalam 10 hari terakhir. Pada 7 Juni, WHO menerima 136.000 lebih laporan. “Jumlah terbanyak dalam sehari sejauh ini,” ucap dia, Senen (8/-6)

Ditambahkanya, “Kini hampir 7 juta kasus COVID-19 telah dilaporkan kepada WHO, dan hampir 400.000 kematian.”

Terkait situasi di Afrika, kepala WHO itu menuturkan bahwa sebagian besar negara di benua tersebut masih mencatat peningkatan dalam jumlah kasus COVID-19, dengan beberapa di antaranya melaporkan kasus terdeteksi di sejumlah area geografis baru.

“Kami juga melihat kenaikan jumlah kasus di beberapa bagian Eropa Timur dan Asia Tengah,” paparnya kepada wartawan.

Tedros juga mengingatkan negara-negara yang mengalami perkembangan positif agar tidak berpuas diri. Pasalnya, mayoritas warga dunia masih rentan terinfeksi.

“Lebih dari enam bulan sejak pandemi ini mulai merebak, ini bukanlah waktu bagi negara mana pun untuk mengendurkan kewaspadaan,” ujarnya. (xinhua/ant)