Ada Apa! 7 Kapal Selam Mutakhir AS Meluncur ke Laut China

Penaindonesia.co.id-Newnorma. Perang! Hubungan yang makin memanas antara Amerika Serikat (AS) dengan China memasuki babak baru. Militer Angkatan Laut AS mengirim tujuh kapal selam yang bersiaga di Laut China Selatan guna memastikan kebebasan dan mengimbangi operasi China di kawasan tersebut.

Kapal selam yang disiagakan itu termasuk empat kapal selam penyerang (attack submarines) yang berbasis di Guam, USS Alexandria yang berbasis di San Diego, serta beberapa kapal yang berbasis di Hawaii.

“Operasi kami adalah demonstrasi kesediaan kami untuk membela kepentingan dan kebebasan kami di bawah hukum internasional,” kata Laksamana Muda Blake Converse, komandan sub-pasukan Pasifik yang bermarkas di Pearl Harbor, dikutip Express pada Selasa (19/5/2020).

Angkatan Laut Negeri Paman Sam, juga telah menyiagakan armada kapal perang di Pasifik Barat sebagai unjuk kekuatan di kawasan tersebut. Langkah ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara dua negara di Laut China Selatan dan di tengah cekcok soal pandemi virus corona (COVID-19).