65% Warga Amerika Serikat Dukung Anti-Rasisme

Penadunia-Newnormal. Situs web Gallup, setengah dari responden mengatakan bahwa mereka merasa bersama-sama dengan para demonstran untuk tujuan unjuk rasa anti rasisme dan diskriminasi, dan beberapa dari mereka meluapkan perasaan ini dengan mendukung para pengunjuk rasa. Orang Amerika kulit hitam, orang muda, dan kelompok demokrat adalah di antara mereka yang menunjukkan dukungan paling besar terhadap unjuk rasa ini.

Sebagian pendukung partai Republik juga merasakan solidaritas dengan demonstrasi ini, dengan 14 persen pendukung partai justru mengungkapkan secara terbuka dukungannya. Sementara itu, sebagian kecil orang kulit putih Amerika dan orang-orang berusia 50-an serta yang  lebih tua mendukung unjuk rasa ini.

Mayoritas responden jajak pendapat mengatakan bahwa protes baru-baru ini di Amerika Serikat telah mengubah pandangan mereka tentang keadilan rasial. Kelompok yang paling terpengaruh adalah orang Asia, orang-orang di bawah 30-an, dan kelompok Demokrat.

Kebanyakan pendukung partai Republik tidak merubah pandangan mereka mengenai unjuk rasa ini, hanya sekitar 36 persen mengatakan mereka telah berubah pikiran dan mendukungnya.

Menurut laporan itu, lebih dari satu dari empat orang dewasa muda Amerika melaporkan telah berpartisipasi dalam demonstrasi. Mayoritas orang Amerika mendukung protes terhadap ketidakadilan rasial, 11 persen mengatakan mereka secara aktif berpartisipasi dalam demonstrasi.

Orang-orang muda (26%) adalah kelompok yang paling aktif, sementara sekitar satu dari lima kelompok Demokrat (20%), orang Amerika keturunan Asia (20%), dan orang kulit hitam Amerika (18%) berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa.

Jumlah  pendukung partai Republik adalah yang terendah (satu persen) yang aktif dalam demonstrasi. Menurut jajak pendapat, sebagian besar orang Amerika mengatakan unjuk rasa di negara itu membantu dukungan rakyat dalam persamaan ras dan hak.

Persentase orang yang melihat demonstrasi ini sebagai hal yang efektif dan tidak merugikan, untuk memperjuangkan kesetaraan ras dan keadilan adalah 53 hingga 34 persen. Tiga belas persen mengatakan bahwa demonstrasi tidak akan berpengaruh pada dukungan masyarakat untuk keadilan rasial.