156 TKI Malaysia Pulang Kampung Jalani Rapid Test

Pena Indonesia.co.id Lawan COVID 19. Sebanyak 156 orang pekerja migran Indonesia asal Jawa Timur yang bekerja di Malaysia tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Mereka tiba di bandara Internasional Juanda Surabaya, pukul 15.00 WIB.Selasa (7/4/2020).

Setibanya di pintu keluar kedatangan internasional, para pekerja ini langsung mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan/rapid test oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Ada sembilan meja plus dua petugas medis lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang disiapkan tim, untuk memeriksa satu-persatu imigran. “Dengan rapid test, bisa diketahui orang ini positif Covid-19 atau tidak,  kalau positif akan langsung dirujuk ke RSJ Menur Surabaya,” kata salah seorang petugas.

Baca Juga:  Presiden RI: Kepala Daerah Satu Visi Tangani Wabah Corona

Selain pemeriksaan kesehatan, seluruh imigran wajib mencatatkan nama lengkap, asal daerah, usia, riwayat kesehatan kepada petugas. Setelah proses selesai, seluruh imigran yang sehat akan diantar ke daerah masing-masing.

Dalam hal pengantaran imigran ke daerah asal juga dilakukan koordinasi dan pemantauan kondisi selama perjalanan. Setibanya di daerah asal, petugas melaporkan kepada perangkat atau dinas setempat dan menyampaikan kepada imigran agar melakukan karantina mandiri selama 14 hari, serta memonitor kesehatannya.